Kuliner Negeri Timur – Sarikayo Minangkabau

 
 
 

Kuliner Negeri Timur, Sarikayo adalah makanan yang biasa sering ditemui saat bulan Ramadhan. Masyarakat Minang biasa membuatnya untuk menyambut bulan Ramadhan, untuk berbuka Puasa, menyambut Hari Raya Idul Fitri, untuk acara perkawinan ataupun untuk acara-acara hajatan lainnya.

Sarikayo yang merupakan makanan khas orang minang ini dapat langsung di santap, dan semakin menggugah selera bila ditambahkan lamang (lemang). Jika ditambah lamang maka akan terasa lebih berisi karena komposisi lamang yang terbuat dari beras ketan. Kuliner Negeri Timur ini juga bisa disimpan di dalam lemari es jika anda suka memakannya dalam kondisi dingin.

Bahan Kuliner Negeri Timur

Sarikayo Minangkabau ->± 20 Potong

250 gr               gula pasir

200 cc               air

6 butir               telur

20 lembar          daun pandan ( sebagian bisa diganti daun suji, bila ada)

100 cc               air

1 sdt                  air kapur sirih

450 cc               santan, dari 1 butir kelapa tua

2 sdt                  garam

1 sdm                tepung maizenna, larutkan dalam 2 sdm air

20  buah           mangkuk volume ± 75 cc

 

Cara Pembuatan Sarikayo Minangkabau:

Kuliner Negeri Timur

1.   Masak gula dan air sampai mendidih kecil, angkat, dinginkan di suhu ruang. Kocok telur asal saja, tuangi air gula sedikit-sedikit, sambil diaduk, kemudian disaring, sisihkan.

2.   Haluskan daun pandan dalam blender bersama air. Saring airnya, tambahkan air kapur sirih, aduk rata.

3.   Masukkan air daun pandan ke dalam santan berikut garam, lalu campurkan ke dalam panci. Masak di atas api kecil asal hangat, angkat, masukkan santan hijau ke dalam campuran adonan telur sambil diaduk-aduk. Masukkan larutan tepung maizena sambil diaduk-aduk selama 5 menit, angkat.

4.   Tuang adonan ke dalam mangkuk-mangkuk. Kukus dalam dandang selama ± 30 menit hingga matang dan permukaannya licin, angkat, dinginkan.

Catatan: Hidangkan dengan ketan kukus bila suka atau dengan potongan buah-buahan bertekstur lembut misalnya durian matang.

*Selamat Menikmati Sajian Kuliner Negeri Timur.